0354 - 773486
smkn2kediri@gmail.com
Jln. Veteran no.5 dan Monginsidi No.37, Pakelan, Kota Kediri
blog-img
17/08/2021

BELAJAR DIMASA PANDEMI COVID-19

aprompt | Pendidikan

Selama lebih dari satu tahun sejak Maret 2020, pemerintah Indonesia melakukan PTM terbatas kepada para pelajar untuk meminimalisir adanya resiko penularan Covid-19 di lingkungan sekolah. Bagi daerah yang masuk dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Mikro, maka pembelajaran dilakukan dari rumah atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Pembelajaran tatap muka yang dilakukan secara terbatas menimbulkan dampak positif serta negatif bagi para pelajar. Salah satu dampak positif adanya pembelajaran tatap muka secara terbatas adalah untuk mengurangi  penyebaran virus Covid-19 dikalangan pelajar. Akan tetapi, pembelajaran seperti ini juga memiliki dampak negatif, salah satunya para pelajar sedikit kesulitan dalam menerima ilmu yang diberikan.

Sekolah yang memberlakukan PTM terbatas harus memenuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Adanya fasilitas penunjang sangat penting dimiliki tiap sekolah yang menerapkan PTM terbatas. Siswa siswi yang mengikuti metode pembelajaran ini wajib menggunakan masker, cek suhu badan, serta menjaga jarak aman.

Sejak adanya virus Covid-19 yang menyebar dikalangan pelajar, seluruh sekolah di Indonesia menerapkan pembelajaran hybird atau blended learning yang artinya pembelajaran dilakukan secara 2 metode, yaitu pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka dan pembelajaran daring dari rumah.

Pembelajaran dengan metode hybird atau blended learning ini memiliki tantangan tersendiri bagi para guru dan juga pelajar. Kurangnya fasilitas penunjang untuk melakukan pembelajaran daring serta keterbatasan internet menjadi kendala untuk terus menimba ilmu di masa pandemi ini.

Selain itu, kesiapan guru sebagai sumber belajar sangatlah penting. Penerapan metode pembelajaran daring tidak akan maksimal jika guru tidak mampu menggunakan teknologi dengan sebaik mungkin untuk melakukan pembelajaran. Oleh karena itu, hal ini menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi para guru untuk menunjang kegiatan belajar mengajar secara daring dari rumah.

Dengan diterapkannya pembelajaran PTM terbatas menjadikan peran penting bagi para guru dan juga orang tua untuk lebih mengawasi anak-anaknya agar dapat mengikuti metode pembelajaran ini dengan sangat baik. Dengan diadakanya PTM terbatas, sekolah harus menyiapkan dengan baik fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan pada saat masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.

Peran orang tua juga sangat penting untuk menunjang adanya pembelajaran daring, dikarenakan orang tua harus selalu mendampingi serta membimbing anaknya sebagai penganti guru dari rumah. Orang tua juga harus bisa memikirkan cara dengan adanya pembelajaran daring dari rumah tidak membuat anaknya merasa bosan.

Bagikan Ke:

Populer